Skip to main content
Program BPJS : Pemeriksaan Kesehatan Gratis di SMAN 4 Kendari

Program BPJS : Pemeriksaan Kesehatan Gratis di SMAN 4 Kendari

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau dikenal dengan BPJS Kesehatan adalah salah satu Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada pemerintah (Presiden) yang memiliki tugas untuk menyelenggarakan jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia yakni Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.
BPJS Kesehatan adalah penyelenggara program jaminan sosial di bidang kesehatan yang merupakan salah satu dari lima program dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), yakni Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.
Dalam menjalankan fungsinya, berbagai program dilaksanakan oleh badan ini yang salah satunya dengan menyelenggarakan program pemeriksaan kesehatan gratis yang bekerjasama langsung dengan SMA Negeri 4 Kendari pada hari Rabu , tanggal 25 Oktober 2023 di aula SMA Negeri 4 Kendari. Muh. Yusuf Alam, S. Kep, NS. sebagai narasumber dalam kegiatan ini mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Gratis adalah sebagai wujud dalam menjalankan program BPJS yakni untuk mengetahui kadar gula darah pasien dan adanya program Pap Smear yakni untuk mendeteksi sejak dini kanker serviks.
Pelaksanaan kegiatan ini mempunyai target utama untuk seluruh Sulawesi Tenggara sebanyak 1000 pasien di semua instansi dengan status aktif sebagai peserta BPJS sehingga akan didatangi untuk kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Gratis ini. Pemeriksaan kadar gula dan Pap Smear memiliki beberapa ketentuan yakni sebagai berikut: 
Untuk Pap Smear yakni usia minimal 15 tahun dan maksimal 50 tahun,  sudah menikah, dua hari sebelum pemeriksaan tidak boleh melakukan kopulasi, 5 hari sebelum dan setelah haid. Pemeriksaan pap smear hanya 1-3 tahun sekali sebab pemeriksaan Pap smear membutuhkan kesiapan mental. Pemeriksaannya dapat dilakukan langsung di Lab Kimia Farma cabang Bulog. Sedangkan ketentuan untuk pemeriksaan gula darah hanya bisa satu kali dalam sebulan.

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.