Skip to main content
pembukaan pesantren kilat

PESANTREN KILAT SMA NEGERI 4 KENDARI 1445 H/2024 M

Bulan ramadhan menjadi salah satu momentum terbaik untuk terus meminta dan berharap keberkahan dalam menjalani hidup sebagai hamba Allah SWT. Untuk itu, di awal bulan yang suci ini, Kepala SMA Negeri 4 Kendari melalui Organisasi Rohani Islam (ROHIS) SMA Negeri 4 Kendari mewajibkan seluruh siswa beragama Islam di kelas X dan XI untuk mengikuti kegiatan Pesantren Kilat dengan tema kegiatan “Generasi Milenial, Unggul, Berakhlak Mulia dan Cinta Al Qur'an Menuju Islam Kaffah” yang dilaksanakan di Aula SMAN 4 Kendari & Masjid Al Ikhlas SMAN 4 Kendari mulai dari  13 - 15 Maret 2024. Kegiatan ini dibuka dengan lantunan ayat suci Alquran oleh Buya Sastra Permana dengan sari tilawah oleh Muh. Fajar Ramadhan dan Shelin Rezkivia serta berisikan beberapa materi antara lain "Adab Pergaulan Remaja Muslim Era Milenial" yang dibawakan oleh ST. Suraidah AD Datu, S.Ag., M.Pd, "Pemimpin Masa Depan yang Unggul, Berakhlak Mulia dan Cinta Qur'an" oleh Muhammad Dirwanto, S.Pd, "Menelusuri Rekam Jejak Tokoh Muslim pada Masa Kejayaan Islam" oleh Chairunnisa, S. Ag., M.Pd serta "Urgensi Tauhid Bagi Setiap Muslim" oleh Suryanagara, S.Ag., M.PdI.

Kegiatan ini bertujuan agar dapat membentuk karakter religius siswa, sehingga mampu menjadi pribadi yang lebih baik dan cinta terhadap Alquran. Dalam sambutannya, kepala SMAN 4 Kendari sangat berharap bahwa kegiatan pesantren kilat ini dapat membentuk akhlak siswa/siswi SMAN 4 Kendari, karena beliau menganggap bahwa anak-anak kita saat ini sudah kurang dalam hal akhlak, mereka tidak mampu lagi menghargai antar sesama, terutama kepada kedua orang tua tentang bagaimana cara berbakti kepada mereka. “Saya berharap yang diutamakan dalam kegiatan ini adalah membentuk akhlak, karena ini sangat berdampak besar, karena dengan tidak berakhlak kita tidak akan mampu menghargai satu sama lain, anak-anak kita kalau mau kesana-kemari tidak tau lagi untuk salim dan izin kepada kedua orang tuanya” tutur kepala SMAN 4 Kendari.
Turut hadir juga Ustadz Dr. Danial, Lc., M.Th,I yang memberikan tausiyahnya dengan menekankan tiga hal yakni iman, ilmu dan akhlak. "Pertama, iman itu adalah Keyakinan maka seseorang harus menguatkan keyakinannya kepada Allah agar akidahnya tidak mudah dirusak oleh hal-hal yang bisa merusak Keimanan, seperti mempercayai ramalan perbintangan (Capricorn, Pisces, Sagitarius dan lain sebagainya) yang dapat merusak akidah kita. Kedua, ilmu. Ilmu mampu menerangi kehidupan kita sebab Ilmu itu adalah Cahaya. Ketiga, akhlak. Karena ilmu tidak akan berguna tanpa akhlak walaupun gelar sudah tinggi tetapi jika tidak punya akhlak maka itu akan sia-sia" Tutur sang Ustadz.

Semua kegiatan pesantren kilat ini diikuti dengan baik oleh seluruh siswa SMA Negeri 4 Kendari mulai dari awal pembukaan kegiatan pada hari Rabu (13/3/24) hingga penutupan di hari Jum'at (15/3/24).

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.