Skip to main content
Upacara Sumpah Pemuda "28 Oktober 2023"

Upacara Sumpah Pemuda "28 Oktober 2023"

"Bersatu Memajukan Indonesia” adalah tema nasional yang diusung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dalam buku panduan Pelaksanaan Hari Sumpah Pemuda yang ke - 95 dengan makna membangun semangat kolaborasi dari semua elemen bangsa dalam memajukan Indonesia, memantapkan kerja bersama dalam satu orkestrasi gerak langkah melalui rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 Tahun 2023 sehingga tercipta Pemuda Maju, serta meraih Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) melalui kerjasama lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah. Melalui momentum Hari Sumpah Pemuda ini, SMA Negeri 4 Kendari juga melaksanakan Upacara di lapangan SMAN 4 Kendari yang dihadiri oleh Seluruh Guru, staf Tata Usaha dan Ratusan Siswa SMAN 4 Kendari tepat pada tanggal 28 Oktober 2023 mulai pukul 7.30 hingga 8.30 WITA.
Upacara berlangsung dengan hikmat dan penuh semangat dari seluruh peserta upacara dengan pengibaran bendera yang langsung dibawakan oleh Pasukan Kibar Bendera Sekolah dan dipandu oleh paduan suara SMAN 4 Kendar. Liyu, S.Pd., M.Pd selaku kepala SMAN 4 Kendari dalam amanat upacara menyampaikan bahwa hikmah hari Sumpah pemuda merupakan hari dimana kita mengikrarkan tiga poin yaitu bahwa kita adalah Indonesia bertumpah darah yang satu, berbangsa satu, berbahasa satu.
“ini merupakan salah satu ikrar yang disampaikan oleh para pemuda yaitu, bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu.” ucap kepala SMA Negeri 4 Kendari.
Beliau juga menjelaskan jika bangsa ini mau maju dan berkembang maka setiap kita harus menjunjung tinggi persatuan dan tidak ada lagi penindasan satu sama lain, tidak ada lagi perundungan, baik di dalam maupun di luar sekolah. Jika kita mau maju dan mau berkembang, maka harus ada persatuan dan tidak ada lagi penindasan antara satu sama lain.
Pada akhir pelaksanaan Upacara, siswa Pecinta alam SMAN 4 Kendari membentangkan bendera merah putih sepanjang ratusan meter disertai orasi kepemudaan oleh salah satu siswi SMAN 4 Kendari. Tentu prosesi ini bertujuan menumbuhkan semangat siswa-siswi sesuai amanat yang terdapat dalam ikrar sumpah pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
Merdeka !

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.