Skip to main content
RuKI (Guru Kekayaan Intelektual ) Bergerak DJKI (Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual) Goes To School di SMA Negeri 4 Kendari.

RuKI (Guru Kekayaan Intelektual ) Bergerak DJKI (Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual) Goes To School di SMA Negeri 4 Kendari.

26 April menjadi salah satu tanggal autentik sebagai hari peringatan kekayaan intelektual sedunia. Tahun ini dengan tema “Intelectual Property and Sustainable Development Goals: Building Our Future with Innovation and Creativity (Kekayaan Intelektual dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan: Membangun Masa Depan dengan Inovasi dan Kreativitas).  Sebagai anggota WIPO (World Intelectual Propery Organization), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara melakukan berbagai rangkaian kegiatan untuk turut serta memeriahkan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ke – 24 yakni salah satunya menyelenggarakan kegiatan RuKI (Guru Kekayaan Intelektual ) Bergerak DJKI (Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual) Goes To School di SMA Negeri 4 Kendari.

Liyu, S.Pd., M.Pd selaku kepala SMA Negeri  4 Kendari membuka dengan resmi kegiatan ini tepat pada 26 April 2024 sebagai Hari Kekayaan Intelektual Sedunia di aula SMA Negeri 4 Kendari yang diikuti oleh 20 orang guru dan 100 orang siswa sebagai perwakilan dari kelas X dan kelas XI. Beliau berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik oleh siswa dan juga  dapat bersama-sama membangun kebersamaan sehingga dapat terciptanya siswa yang inovatif dan kreatif dalam membangun bangsa ini. "Harapan kita dalam kegiatan ini adalah mari sama-sama kita mendengarkan materi-materi ini terutama tentang materi kekayaan intelektual dan pembangunan yang berkelanjutan untuk membangun masa depan yang inovatif dan kreatif, ujar kepala SMA Negeri 4 Kendari". Kemudian, sebagaimana yang kita tau bersama bahwa kita sebagai manusia tentu sangat memerlukan hukum, karena semenjak kita bangun sampai kita tidur bahkan semenjak kita lahir sampai kita mati kita sangat membutuhkan hukum, karena kalau tidak ada hukum maka pasti berantakan hidup kita ini. Untuk itu mari kita sepakat bersama-sama, membangun kebersamaan, menyepakati apa yang menjadi tujuan Bersama, kita bisa berdiri bersama, maju bersama dan sukses bersama, tambah kepala SMA Negeri 4 Kendari ".

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, S.H. juga turut memberikan sambutannya dalam mengawali kegiatan ini. Beliau menyampaikan beberapa pesan yang begitu mendalam untuk siswa yang mengikuti kegiatan ini bahwa kekayaan intelektual seseorang diperoleh ketika siswa menghargai gurunya yang sudah memberikan ilmu dalam bangku pendidikan. "Orang punya intelektual yang bagus harus betul-betul menghargai gurunya agar ilmu yang dia punya Tuhan berkahi". Imbuh Kakanwil ini. Beliau juga menambahkan bahwa kesuksesan yang ia peroleh sekarang ini karena jasa seorang guru yang telah memberikan ilmu kepadanya. "Saya tidak menyangka kalau saya akan menjadi seperti sekarang ini. Ini semua karena jasa guru, guru yang mulia, yang kasih saya ilmu", tambahnya.  Lanjutnya, Beliau juga mengatakan bahwa sukses itu berangkat dari jiwa yang disiplin. "Saya seperti ini, karena saya menanamkan sifat disiplin, setiap hari saya suka bangun dari jam 3 subuh sehingga banyak hal positif yang bisa saya lakukan ketika bangun lebih awal dan ini sudah menjadi kebiasaan yang saya bentuk sejak masih kecil hingga hari ini".

Setelah kegiatan pembukaan, dilanjutkan dengan pembawaan materi terkait bagian-bagian kekayaan intelektual oleh pihak Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara. Siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini sebab adanya diskusi tanya jawab dan berhadiah menarik untuk siswa melalui pertanyaan yang diajukan. Tentu harapan besar dari kegiatan ini yakni terciptanya generasi muda yang mempunyai intelektual yang baik dan dapat menjadikan intelektualnya sebagai  pembangunan negara di masa depan yang inovasi dan kreativitas.

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.