Skip to main content
Evoting Pemilihan Ketua Osis masa bakti 2024-2025

Evoting Pemilihan Ketua Osis masa bakti 2024-2025 di SMA Negeri 4 Kendari

Sebuah pengalaman praktis dalam rangka mengenalkan dan melatih demokrasi peserta didik, SMA Negeri 4 Kendari mengadakan pemilihan ketua OSIS (PILKETOS) masa bakti 2024/2025. Kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema "Suara Demokrasi" yang dilaksanakan pada Senin, 5 Februari 2024 pukul 08.00 - 15.25 WITA di lapangan SMA Negeri 4 Kendari dan berlangsung dengan tertib dan lancar serta penuh antusias dari peserta didik. 
Pelaksanaan pesta demokrasi SMA Negeri 4 Kendari ini tentu diharapkan agar seluruh peserta didik dapat mengenal, belajar dan terlatih untuk menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin serta hadirnya ketua OSIS sebagai pemimpin yang amanah, jujur dan adil. 
Liyu, S.Pd., M.Pd selaku kepala SMA Negeri 4 Kendari dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap siswa harus menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin karena satu suara sangat menentukan arah SMA Negeri 4 Kendari untuk satu tahun mendatang. "Setiap siswa harus menggunakan hak pilihnya yah, karena satu suara menentukan nasib bangsa, satu suara kita hari ini menentukan masa depan sekolah kita" kata Liyu dalam sambutannya, Senin (5/02/24).
Pemilihan ini dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh siswa SMA Negeri 4 Kendari secara terbuka dengan metode E- Voting untuk memilih dua kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS yakni Paslon 01 Andika Putra Setiawan (asal kelas XI. M) dan Muhammad Al Arhac (asal kelas XI. A). Paslon 02 Muhammad Haykal Wahyu Fidmatan (asal kelas XI. M) dan Nikeisha Raihanah (asal kelas XI. P). 
Setelah pemungutan suara dilakukan kemudian dilanjutkan dengan perhitungan suara dalam beberapa jam, diperoleh hasil rekapitulasi suara dengan jumlah pemilih sebanyak 1.528 yang menyalurkan hak pilihnya, masing-masing Paslon mendapat 702 suara untuk Paslon 01 dan 826 suara untuk Paslon 02.  Dengan demikian, Paslon 02 Muhammad Haykal dan Nikeisha Raihanah terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 4 Kendari  yang akan menjalankan kegiatan OSIS sesuai visi-misi yang telah diajukan dan akan diawasi oleh Majelis Perwakilan Kelas (MPK) terpilih yang diketuai oleh Aliyah Dwi Meisya (asal kelas XI. J) dan wakilinya yaitu Rajjaz Alfi (asal kelas XI. E) untuk masa bakti 2024/2025. 
Rangkaian PILKETOS ini dimulai dari penjaringan, penyampaian visi-misi, hingga debat kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang dilaksanakan sejak Desember 2023 lalu oleh Komite Pemilihan Umum (KPU) OSIS SMA Negeri 4 Kendari dengan menjunjung tinggi asas pemilu yakni langsung, umum bebas, rahasia, jujur dan adil sehingga setelah pelaksanaan PILKETOS tidak menimbulkan konflik antar siswa.

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.