Skip to main content
sosialisasi-budaya-lirerasi

Sosialisasi Penumbuhan Budaya Literasi Sekolah SMA se Kota Kendari Berlangsung Lancar

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terus menerus gencar dilakukan di sekolah-sekolah. SMAN 4 Kendari sebagai pelaksana  GLS untuk SMA se Kota Kendari, mengadakan sosialisasi penumbuhan budaya literasi sekolah bersama para pembica literasi. Hadir pada kesempatan sosialisasi tersebut, adalah Syarifudin, S.Pd., pemateri tentang literasi dari Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara. Dalam paparan pemateri mendorong penumbuhan budaya literasi sekolah melalui penumbuhan minat baca siswa yang diawal dengan pola membaca yang menarik (extensive reading) sehingga siswa akan dengan senang hati melakukan kegiatan membaca dan diharapkan bisa membudaya.

GLS memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan didalam gerakan tersebut adalah kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.

Selama proses sosialisasi penumbuhan budaya literasi di SMAN 4 Kendari, tampak peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Kegiatan diwarnai dengan diskusi berlangsung tertib dan lancar terkait cara-cara menumbuhkan budaya literasi yang menopang upaya penumbuhan budi pekerti pula.

 

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.